Tahapan membuka usaha sendiri

Tahapan membuka usaha sendiri

116

Hasil yang besar, selalu berawal dari usaha yang kecil, yang terus menerus diulang. Tidak perlu sebuah usaha besar untuk sebuah hasil yang besar, tetapi usaha kecil yang konsisten juga kan menghasilkan hasil yang besar. Christopher Morley

Tahapan membuka usaha sendiri – Berdasarkan keterangan dari beberapa berpengalaman bisnis atau akrab di sebut dengan pengusaha senior. Banyak sekali kata-kata arif dari mereka sebagai renungan dalam hidup kita. Jika ketika ini kita mungkin ialah salah satu pegawai di suatu perusahaan. Sampai kapan kita masih inginkan menjadi orang gajian? Bisa bertahan berapa lama? Sedangkan seluruh perusahaan tentu akan mendatangi masa susahnya. Bisa jadi kita sebentar lagi kena PHK, atau perusahaan kita bangkrut, atau kita yang pension. Sebelum masa-masa tersebut benar terjadi, maka buka usaha sendiri ialah solusi guna Anda.

Tahapan membuka usaha sendiri

Jangan merasa bangga andai saat ini kita menjadi pegawai negeri. Berapa sih gaji sebagai pegawai tetap di perusahaan kepunyaan Negara atau di lembaga pemerintahan? Masa iya dengan gaji yang pas-pasan Anda memiliki mimpi ingin cepat kaya. Atau memaksakan diri guna menjadi orang kaya. Yang pada akhirnya tidak sedikit memilih jalan pintas untuk mengerjakan korupsi, dan cara-cara yang tidak baik.

Tahapan membuka usaha sendiri

Tahapan membuka usaha sendiri

Apalagi, diperbanyak dengan tuntutan keperluan yang ketika ini telah semakin banyak. Biaya anak sekolah, keperluan bayar tagihan sana-sini, dan masih tidak sedikit lagi keperluan penting lainnya. Mungkin tidak akan dapat terpenuhi andai Anda melulu mengandalkan gaji kita saja. Bagi itulah tidak boleh mau jadi orang yang melulu gajian masing-masing bulan. Tapi, jadilah orang yang gajian masing-masing hari seumur hidup. Bagaimana caranya? Buka usaha yang menjanjikan, kepunyaan Anda sendiri.

Merintis suatu usaha barangkali memang bukan sebuah perkara yang mudah. Banyak sekali hal-hal urgen yang telah seharusnya anda persiapkan. Mulai dari jenis usahanya, modalnya, bahkan hingga pada unsur pemasarannya. Semua mesti di pikirkan secara matang dan terencana. Jika kita tidak mengetahui atau tidak serius dalam membina sebuah usaha. Usaha tersebut seringkali akan merasakan kerugian sebab tidak berkembang.

Oleh sebab itulah, tidak sedikit calon pengusaha yang pada akhirnya menggunakan jasa konsultan bisnis. Dengan asa yaitu dapat mendapatkan sebuah strategi serta perencanaan yang matang sebelum mengawali usahanya. Lalu bagaimana dengan diri Anda? Dengan modal yang pas-pasan, barangkali akan sulit andai harus memakai jasa konsultan bisnis. Maka dari itu, inilah ini ada sejumlah tips atau tahapan yang dapat Anda ikuti. Sebelum Anda membina sebuah bisnis atau usaha sendiri.

Baca juga :  Belajar memulai usaha kecil sampai berhasil

Sebelum membahas tahapan demi langkahnya, maka akan diserahkan sebuah ilustrasi. Yang mana dengan ilustrasi yang inilah ini, kita benar-benar menjadi tersingkap pemikirannya. Dan benar-benar bakal memperkuat diri kita untuk mengawali sebuah usaha. Perhatikan baik-baik ilustrasi yang inilah ini.

Misalnya Anda ketika ini ialah seorang pegawai, baik negeri maupun swasta. Dengan pendapatan sebesar 10 juta masing-masing bulannya. Namun, untuk mengisi semua keperluan dan pun tagihan, maka melulu tersisa 1 juta maksimal masing-masing bulannya. Itu pun bila hidup Anda dapat hemat, masih dapat di tabung. Nah, berapa lama kita mendapatkan simpanan senilai 1 Milyar? 10 tahun? 20 tahun? Lama sekali.

Itu pun kalau dapat menabung rutin masing-masing bulan sebesar 1 juta. Dan andai tidak terdapat hal-hal mendesak yang akhirnya mewajibkan Anda menggunakan uang tabungan. Misalnya guna nikahan anak, atau terdapat musibah mendadak.

Nah, lantas suatu saat ada seorang penjaja tas cantik guna wanita. Coba tebak berapa omsetnya masing-masing bulan? 3 hingga dengan 4 juta perharinya. Itu dengan kata lain bahwa penghasilannya masing-masing bulan rata-rata ialah 90 hingga dengan 120 juta. Kalau saja deviden bersihnya ialah 50% maka sudah dapat mengantongi 45 hingga dengan 60 juta masing-masing bulannya.

Tukang jualan tas saja dapat punya pendapatan yang lebih banyak ketimbang pegawai. Padahal dapat jadi bahwa pendidikannya barangkali tidak setara sarjana atau tidak dengan gelar tertentu. Dan kenapa dapat begitu? Ya, itulah hebatnya seorang pengusaha.

Nah, bagaimana sekarang? apakah telah mulai bergejolak hendak menjadi seorang pengusaha? Berikut inilah sejumlah langkah yang dapat Anda ikuti.

Tentukanlah Jenis Usaha Yang Anda hendak Geluti

Jika sudah hadir adanya gejolak guna membuka usaha. Mungkin suatu pertanyaan “buka usaha apa ya enaknya?” tidak jarang Anda tanyakan pada diri sendiri. Memang urusan ini urgen untuk kita pikirkan sebelum mengawali sebuah usaha. Anda malah haus memikirkannya matang-matang. Termasuk beranggapan mengenai bagaimana kesempatan bisnis dari usaha tersebut. Apakah prospeknya terang atau tidak.

Baca juga :  Cara Memulai Usaha Baru Nol Hingga Berhasil

Di samping itu, usahakan bahwa jenis usaha tersebut ialah yang cocok dengan minat serta kemahiran Anda. Akan menjadi sia-sia rasanya menjalankan suatu usaha, andai menjalankan sebuah usaha tetapi Anda tidak menyukainya. Yang terdapat nantinya Anda bakal merasa tidak nyaman, dan separuh hati guna menjalankannya. Dampaknya ialah rugi sedikit, telah mau menyerah ditengah jalan.

Anda dapat mencoba untuk menulis minat serta hal-hal yang kita sukai. Kemudian list juga sejumlah usaha yang hendak Anda rintis. Pilihlah di antara usaha yang sangat masuk dalam minat Anda. Maka nantinya ketika menjalankan usaha, bakal menjadi terasa menyenangkan.

Misalnya saja, kita hoby memasak dan dapat membuat berbagai macam kue. Anda dapat memulai guna membuka toko kue. Lain lagi andai Anda suka melakukan pembelian barang dan peminat fashion. Maka Anda barangkali juga dapat merintis usaha buka butik atau berjualan tas dan sepatu.

Lakukan Survei Dengan Segera

Setelah menilai jenis usaha apa yang hendak Anda geluti. Maka selanjutnya ialah penting untuk mengerjakan survey lapangan. Mengapa mesti survey segala? Memangnya sensus? Justru survey berikut hal urgen yang terkadang bahkan tidak sedikit pengusaha pemula lupa guna melakukannya. Survei ini urgen untuk memahami peluang dari bisnis Anda. Seberapa besar bisa jadi bisnis itu akan berhasil.

Kira-kira urusan apa saja yang mesti di survey?

Persaingan pasarTentu saja urusan ini dilaksanakan dengan menyaksikan usaha yang sejenis atau competitor. Ada berapa tidak sedikit orang yang sudah menjalankan usaha tersebut. Disamping tersebut juga, Anda mesti mulai menggali informasi tentang bagaimana kualitas serta karakteristik dari produk pesaing. Mulai dari pelayanannya sampai harga yang di tawarkan. Dengan begitulah kita akan dapat membuat suatu strategi guna dapat berlomba dengan pengusaha yang lainnya.

Survei tempat usahaSurvei lokasi atau pun lokasi pun perlu guna dilakukan. Hal tersebut ialah penting supaya kita tahu dimana bisnis anda akan dijalankan. Misalnya saja, Anda menggali sebuah lokasi untuk fotocopy dan pun penjilitan buku. Pastinya yang pas guna membuka usaha tersebut ialah lokasi selama kantor atau sekolahan. Bukan justeru di dekat-dekat perumahan.

Perilaku KonsumenPerilaku konsumen ini pun adalahsuatu urusan yang penting untuk Anda. Sebisa barangkali bahwa jenis usaha yang hendak Anda bangun ialah usaha dengan minat konsumen tinggi. Mau sebagus apapun konsep dari bisnis Anda, namun andai minat dari konsumennya tidak ada, tetap saja Anda mesti siap-siap guna gulung tikar.

Baca juga :  Membangun usaha sendiri

Mempersiapkan Modal Dan Strategi Usaha Dengan Matang

Untuk merintis suatu usaha benar-benar dari nol, maka tersebut bukan berarti modalnya pun nol. kita tetap saja memerlukan modal guna merintis usaha dari awal. Berapakah modal yang kita butuhkan? Ya pasti saja tergantung seberapa besar usaha yang hendak Anda buka.

Pada umumnya, inginkan usaha dengan modal kecil maupun besar ya sama saja putaran modalnya. Sebisa mungkin tidak boleh langsung habiskan semua modal Anda. tetapi sisakan paling tidak 40% nya. Hal tersebut bermanfaat sebgai dana cadangan. Jadi, nantinya andai usaha kita tidak berjalan, maka masih terdapat dana guna menghidupkan pulang usaha Anda. Atau minimal Anda dapat berganti ke usaha yang lainnya.

Di samping modal, hal urgen lainnya yaitu tentang strategi usaha Anda. bagaimana Anda bakal mendesain produk Anda supaya unik dan bertolak belakang dari yang lainnya. Dan pun bagaimana teknik Anda menjual produknya. Cara Anda memasarkan dan teknik Anda untuk menata keuangannya. Semua ini benar-benar perlu guna di pikirkan matang-matang.

Dan yang tak kalah penting, Anda pun harus mengikutsertakan usaha Anda. Jangan hingga usaha kita nantinya di klaim oleh pihak lain. Dengan mengikutsertakan usaha kita maka usaha itu akan lebih terasa aman. Dan Anda bakal semakin tenang menjalankan usaha sebab ada perlindungan hukum. Sehingga andai sewaktu-waktu di klaim pihak lain. Anda dapat tunjukkan bukti usaha Anda.

Membangun Mental Yang Kuat dan Lakukan Evaluasi

Terkadang mungkin tahapan ini dipandang tidak penting. Padahal tanpa kita sadari tahapan yang ini pun sangat urgen untuk Anda lakukan dalam bisnis Anda. Apalagi andai membangun usaha benar-benar dari nol. Maka diperlukan mental yang paling kuat guna Anda. Serta tak lupa pun harus mengerjakan evaluasi. Sehingga apa-apa yang tidak cukup dalam usaha Anda dapat di perbaiki.

Buka Usaha dari Nol Bersama

Buka usaha sebetulnya akan menjadi sebuah hal yang sangat unik untuk di jalankan andai Anda telah tahu kuncinya. Jika tidak mempunyai modal yang besar, namun memiliki tekad yang powerful dan usaha sungguh-sungguh.



Cara mudah - Blog tutorial wordpress dan blogspot yang dirangkum secara ringkas dan ringan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *