Pendidikan On-line, Belajar Melalui Web

Pendidikan On-line, Belajar Melalui Web

118

Pendidikan On-line, Belajar Melalui Web – Saat ini high costs untuk pendidikan masih menjadi salah satu topic dan permasalahan yang selalu dihadapi setiap new school academic year. Cost of education yang mahal tidak hanya terjadi di sekolah swasta namun juga public school. Wali murid have to think again untuk membiayai sekolah anak di jenjang yang lebih tinggi karena cost of education akan semakin mahal.

Padahal pendidikan menjadi the rights of every citizen yang harus dipenuhi oleh institution atau lembaga dan must fulfill education secara merata sehingga semua rakyat dalam suatu negara bisa menikmati pendidikan tersebut. Pendidikan seharusnya tidak hanya ditujukan untuk pihak yang bisa membayar.

Education merupakan hal yang sangat penting untuk masyarakat sehingga education becomes a field yang selalu diperhatikan oleh the state constitution. Jadi, sebenarnya negara wajib memberikan pendidikan dengan biaya murah atau free of charge untuk semua masyarakat.

Pendidikan yang bermutu itu memang mahal. Kalimat tersebut sering ditemukan untuk menanggapi biaya pendidikan yang mahal. Cost of education yang mahal dimulai dari taman kanak-kanak sampai dengan College sehingga masyarakat miskin tidak mempunyai pilihan lain selain tidak bersekolah.

Pendidikan On-line, Belajar Melalui Web

Cost of education yang mahal disebabkan karena kebijakan dari pemerintah yakni School Based Management (MBS). Sedangkan MBS yang ada di Indonesia justru diartikan sebagai usaha untuk mendapatkan dana sehingga dewan pendidikan atau komite sekolah memiliki unsur pengusaha.

Penguasa mempunyai access to capital yang lebih banyak. Jadi saat komite sekolah sudah dibentuk, ada banyak pungutan uang yang bertuliskan sesuai keputusan sekolah. Padahal tingkat penerapan pungutan uang tersebut tidak terbuka karena anggota dan pengurus komite sekolah adalah orang terdekat kepala sekolah tersebut.

MBS hanya menjadi pelepasan pemerintah yang seharusnya bertanggung jawab terhadap masalah pendidikan yang dihadapi masyarakat.

Baca juga :  Cara Memulai Usaha Baru Nol Hingga Berhasil

Ada banyak dampak yang dialami oleh sebuah negara karena biaya pendidikan yang mahal, dampak tersebut adalah sebagai berikut:

1. Sumber Daya Manusia Menjadi Lemah

Pendidikan merupakan sektor yang paling strategis untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia yang ada di Indonesia. Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting untuk menghasilkan SDM dengan kualitas yang tinggi sehingga bisa membangun negara menjadi lebih baik di masa depan.

Masalah yang memberikan dampak besar untuk para pelajar adalah biaya pendidikan di Indonesia yang sangat mahal. Ini adalah permasalahan klasik yang selalu saja muncul dan belum dapat diselesaikan sampai saat ini.
Padahal biaya pendidikan yang tinggi tidak sesuai dengan kualitas dari pendidikan yang diperoleh karena masih banyak pengangguran terdidik. Ini sangat ironis saat seorang pelajar sudah membayar biaya kuliah untuk menjadi sarjana.

2. Taraf Ekonomi Masyarakat yang Lemah

Pendidikan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi. Ada pakar yang menyebutkan bahwa pendidikan bisa meningkatkan produktivitas kerja sehingga pendapatan akan meningkat. Pendapatan yang meningkat akan berpengaruh terhadap pendapatan secara nasional sehingga mampu meningkatkan taraf hidup rakyat dengan pendapatan yang rendah.

Pakar lain juga menyebutkan bahwa pendidikan bisa menjadi sarana untuk mempersiapkan tenaga kerja yang terlatih dan terdidik yang memang diperlukan dalam pertumbuhan ekonomi di suatu negara.

Pendidikan dapat mempersiapkan pelajar untuk menjadi tenaga kerja yang potensial dan siap dalam pekerjaan sehingga produktivitas tenaga kerja meningkat dan pendapatan nasional juga meningkat.

Hubungan antara pendidikan dan pendapatan sangat signifikan saat dilihat di negara yang sedang dalam perkembangan. Pendidikan bisa menjadi sumber bakat yang terlatih dan terampil. Pendidikan sangat penting untuk menyediakan tenaga kerja atau bahkan menyediakan lapangan kerja.

Baca juga :  Fb advertising and your commercial enterprise: how it works

Hal ini seharusnya dijadikan sebagai dasar dalam merencanakan pendidikan karena ekonomi memang memerlukan tenaga kerja yang terlatih dan terdidik.

Namun permasalahan yang muncul adalah jarang terdapat integrasi antara pendidikan yang diperlukan dengan pekerjaan sehingga muncul pengangguran yang terlatih dan terdidik. Pendidikan harus dapat mengatasi hal ini.
Pendidikan harus dapat mengatasi dan memperkirakan pengetahuan apa yang diperlukan oleh pelajar dengan keterampilan yang diperlukan oleh lapangan pekerjaan. Prediksi dari ketenagakerjaan seharusnya telah menjadi dasar untuk perencanaan pendidikan agar dapat mengikuti pertumbuhan ekonomi yang sedang terjadi.

3. Masyarakat Menjadi Kurang Sadar dengan Kesehatan

Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka semakin tinggi juga kesadaran seseorang tersebut terhadap kesehatan. Di jenjang pendidikan tinggi, peranan dari bidang pendidikan menjadi sangat sentral untuk menghasilkan output yang dapat memberikan kontribusi untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan untuk kesejahteraan bangsa.

Untuk menerapkan manajemen kesehatan yang baik, banyak pendidikan tinggi, sekolah, dan institusi lain yang membuka program di bidang kesehatan yakni jurusan keperawatan, manajemen kesehatan, kesehatan masyarakat, dan kedokteran.

Program ini bisa melahirkan generasi yang memahami dan mempunyai kemampuan tentang kesehatan. Selain itu dapat memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Pendidikan On-line Preply: Solusi Pendidikan Murah Tanpa Guru Datang ke Rumah

  • Rendah atau tingginya subsidi pemerintah adalah hal yang menentukan biaya pendidikan itu mahal atau murah.
  • Jika menginginkan biaya pendidikan yang murah, maka pemerintah harus memberikan subsidi yang besar.
  • Sebenarnya pemerintah Indonesia sudah memberikan subsidi untuk mengatasi biaya pendidikan yang mahal.

Usaha yang dilakukan pemerintah adalah membangun komite sekolah untuk ikut mengatasi biaya pendidikan yang mahal. Namun, saat ini ada banyak cara untuk mengatasi biaya pendidikan yang mahal yakni melalui guru on-line.

Baca juga :  Belajar memulai usaha kecil sampai berhasil

Guru on-line yang dimaksud adalah belajar melalui media pendidikan yang ada di web. Bagi yang belum tahu, pendidikan on-line ini bisa dalam bentuk web site, weblog, dan dengan adanya ponsel pintar, pendidikan bisa diakses melalui aplikasi belajar yang berisi soal ujian, pertanyaan, dan masih banyak lagi.

Tidak perlu repot untuk mengundang guru datang ke rumah karena guru on-line sudah bisa memberikan kebutuhan pendidikan untuk Anda.

Mengapa guru on-line menjadi solusi untuk biaya pendidikan yang sangat mahal? Karena guru on-line ini biasanya memang sangat murah dibandingkan pendidikan yang dilakukan di sekolah dan bahkan banyak yang memberikan materi dengan free of charge.

Selain itu, Anda bisa mempelajari berbagai bidang hanya dengan menggunakan jasa guru on-line di web site tertentu.

Salah satunya adalah bahasa asing yang langsung dapat dibuka di sebuah web site bernama Preply –silahkan cek disini untuk melihat websitenya– dan guru atau yang sering disebut dengan tutor on-line langsung akan mengajari Anda menggunakan Skype.

Proses untuk mendapatkan pendidikan melalui guru on-line ini juga lebih mudah karena tidak memiliki aturan administrasi yang sulit seperti di sekolah umum.

Jangan heran saat ada orang yang tidak mampu untuk mengikuti sekolah, namun dengan bantuan dari guru on-line dari sebuah web site, dia mampu menjadi orang yang berpendidikan bahkan mempunyai pengetahuan yang lebih luas dibandingkan dengan orang yang bersekolah di sekolah umum.

Seseorang bisa menguasai bahasa hanya dengan belajar dengan guru on-line dan tidak mengikuti kursus berbiaya tinggi bahkan melebihi biaya sekolah umum yang harus dibayarkan setiap hari.

Demikian artikel yang membahas tentang Pendidikan On-line, Belajar Melalui Web semoga bermanfaat untuk bahan referensi anda.



Cara mudah - Blog tutorial wordpress dan blogspot yang dirangkum secara ringkas dan ringan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *