Tips melakukan pembelian barang online yang aman

“Belanja online itu bukan hanya masalah barang yang dibeli, akan tetapi lebih keamanan dan kenyamanan”

Tips melakukan pembelian barang online yang aman – Di pertengahan tahun 2014 saja, lebih dari 75 persen orang dengan umur lebih dari 15 tahun melakukan pembelian barang secara online. Meski toko online tumbuh lebih cepat dibanding sektor retail lain, bukan berarti toko yang berdiri secara jasmani telah punah. Membeli secara online menciptakan konsumen memilik kontrol terhadap apa yang ditunaikan dan dari siapa barang diperoleh.

Konsumen seringkali akan melakukan pembelian barang yang tak asing dan bermerek dengan kualitas yang dapat diprediksi ketika online. Sebaliknya, bila konsumen tidak tak asing dengan barang yang dicari, mereka lebih memilih untuk melakukan pembelian di toko offline. Kenapa demikian? Karena ada bisa jadi barang yang dibeli perlu dibalikkan dan keperluan untuk secara langsung menyaksikan barang melebihi keperluan untuk membelinya secara online.

Berikut ini sejumlah resiko yang kita hadapi saat melakukan pembelian barang online:

  • Penipuan dampak melakukan pembayaran pada halaman web yang tidak aman.
  • Penipuan dampak melakukan pembayaran memakai koneksi WiFi yang tidak aman.
  • Toko online palsu, situs palsu, dan tawaran email guna produk atau layanan yang tidak ada.
  • Membeli barang palsu secara sengaja atau tidak sengaja, menerima barang dengan kualitas buruk, atau durjana lain yang lebih serius.
  • Kehilangan uang saat melakukan pembayaran bank langsung guna barang yang tidak pernah dikirim.
  • Menerima barang atau layanan yang tidak cocok dengan pemaparan pada iklan.
  • Mendapat penawaran produk dengan harga tertentu menurut informasi yang dikoleksi penjual mengenai kebiasaan melakukan pembelian barang online kita dan situs yang kita kunjungi.
  • Keamanan Saat Berbelanja Online

Menggunakan internet untuk melakukan pembelian barang atau layanan dapat menghemat masa-masa dan tenaga. Anda pun memiliki tidak sedikit pilihan. Meski begitu, melakukan pembelian barang online tetap mempunyai resiko dan kita perlu memperhatikan sekali apa yang kita beli, dari siapa, dan bagaimana Anda menunaikan pembelian.

Semua yang terhubung dengan internet, tergolong alat mobile laksana telepon pintar dan tablet, butuh diamankan, terutama sekitar pemakaiannya memuncak, contohnya saat liburan. Orang yang melakukan pembelian barang bisa jadi target pembohong dan penjahat online.

Tips melakukan pembelian barang online yang aman
Tips melakukan pembelian barang online yang aman

Siapa saja butuh waspada terhadap email yang meminta penerimanya mengerjakan tindakan cepat, mengklik tautan, dan membuka lampiran. Hati-hati dengan email tentang kedudukan pemesanan online. Penjahat tahu bila harga jadi urusan yang sangat dipertimbangkan dalam melakukan pembelian barang online. Jadi Anda mesti waspada saat melihat penawaran barang dengan diskon di bawah normal.

Tips Berbelanja Online

Aman melakukan pembelian barang online berarti mengambil tahapan pencegahan dari penipuan. Berikut ini sejumlah tips selama melakukan pembelian barang online yang dapat Anda ikuti:

  • Lakukan riset. Ketika memakai website baru untuk mengerjakan pembelian, baca ulasannya dan lihat apakah konsumen beda mempunyai pengalaman positif atau negatif terhadap website tersebut. Pastikan toko online yang kita pilih mempunyai reputasi yang baik. Cari alamat jasmani toko dan kontak telepon yang dapat dihubungi. Cara terbaik mengejar penjual terpercaya ialah melalui rekomendasi dari sumber terpercaya.
  • Ketika ragu, tinggalkan. Tautan pada email atau artikel sering menjadi teknik penipu menculik informasi kita atau menginfeksi perlengkapan Anda.
  • Informasi personal sama laksana uang, berharga dan mesti dilindungi. Ketika mengerjakan pembelian online, waspadai jenis informasi yang butuh Anda berikan guna melengkapi transaksi. Pastikan kita merasa penjaja memang butuh meminta data tersebut. Ingat, Anda melulu perlu mengisi sejumlah bagian yang diminta ketika checkout.
  • Gunakan opsi pembayaran yang aman. Kartu kredit lazimnya jadi pilihan sangat aman sebab pembeli perlu menggali kredit dari penerbit kartu (bank) bila produk tidak terkirim atau bukan barang yang dipesan.
    Baca kepandaian pengembalian dan lainnya supaya Anda tahu tentu apa yang bakal terjadi bila pembelian tidak sebagaimana yang direncanakan.
  • Batasi jenis bisnis yang Anda kerjakan dalam koneksi WiFi publik, tergolong login ke akun penting, laksana email. Sesuaikan pengaturan ketenteraman pada perlengkapan Anda untuk memberi batas siapa yang dapat mengakses telepon Anda.
  • Periksa kembali seluruh rincian pembelian sebelum mengkonfirmasi pembayaran.
  • Jangan membalas email dari perusahaan yang tidak kita kenal.
  • Beberapa situs akan menunjukkan Anda ke layanan pembayaran dari pihak ketiga. Pastikan website ini aman sebelum Anda mengerjakan pembayaran.
  • Ketika mengerjakan pebayaran ke individu, tidak boleh transfer duit langsung ke tabungan bank mereka, tapi kerjakan pembayaran misalnya melewati PayPal.
  • Selalu logout dari website yang kita kunjungi atau sesudah memberian detail guna registrasi. Hanya memblokir browser tidak lumayan untuk meyakinkan privasi.
  • Periksa kartu kredit dan tabungan koran dengan cermat setelah melakukan pembelian barang untuk meyakinkan jumlah yang tepat sudah terdebit, dan tidak terdapat penipuan yang terjadi dampak transaksi.
  • Bila memungkinkan, pastikan harga yang tercatat di toko tidak jauh lain pada toko lain, guna meyakinkan kita tidak menunaikan lebih mahal.
Baca juga :  Pendidikan On-line, Belajar Melalui Web

Tips Keamanan Paling Mendasar Saat Berbelanja Online

  • Pastikan semua perlengkapan yang terhubung dengan web, tergolong PC, telepon pintar, dan tablet, bebas dari malware dan infeksi dengan melulu menggunakan aplikasi dan software versi terbaru.
  • Kunci login Anda. Lindungi akun online kita dengan menggiatkan tool autentikasi sangat kuat. Username dan kata sandi kita tidak lumayan untuk mengayomi akun urgen seperti email atau media sosial.
  • Buat kata sandi berupa kalimat. Kata sandi yang kuat ialah kalimat yang minimal terdiri dari 12 karakter. Fokus pada kalimat atau frase positif yang kita sukai dan gampang diingat. Pada sejumlah situs, kita bahkan dapat menggunakan tanda baca spasi.
  • Akun unik, kata sandi unik. Memiliki kata sandi bertolak belakang untuk tiap akun menolong mencegah durjana cyber. Setidaknya, sisihkan akun kegiatan dan akun personal, dan pastikan akun urgen Anda mempunyai kata sandi yang kuat.

Keamanan Perangkat Mobile Agar Aman Berbelanja Online

Berikut ini sejumlah tips ketenteraman perangkat mobile untuk melakukan pembelian barang aman dari handphone atau tablet Anda:

Jangan pakai kartu debit, selalu pakai kartu kredit atau layanan pembayaran online

Membeli barang dengan kartu debit barangkali lebih dipilih daripada kartu kredit sebab Anda tidak perlu khawatir tentang ongkos tambahan. Tapi kartu kredit mempunyai perlindungan lebih baik. Pilihan lainnya dapat berupa layanan pembayaran online laksana PayPal, yang memakai teknologi maju guna menyimpan dan mengirim informasi bank Anda.

Simpan halaman konfirmasi pembayaran Anda

Jangan hanya mengandalkan penjual mengantarkan email resi, atau situs menyimpan transaksi kita di riwayat pembelian. Kekeliruan dapat terjadi, khususnya pada saat tidak sedikit terjadi transaksi di situs tersebut.

Bila tidak terdapat pilihan guna menyimpan informasi pembayaran, pakai screenshot dan kirim ke email kita sendiri.

Jangan buka email retail dari perlengkapan mobile

Inbox Anda dapat penuh dengan email promosi. Tapi tidak boleh membuka pesan-pesan ini, karena dapat saja penipuan phishing. Penipu melulu ingin menculik data individu Anda melewati email yang didesain dengan paling baik.

Baca juga :  Cara Memulai Usaha Baru Nol Hingga Berhasil

Tunggu sampai Anda mendarat di lokasi tinggal atau sedang di depan laptop atau PC guna membuka email tersebut. Cari keunikan seperti kekeliruan ejaan atau tata bahasa dan desain kerja yang janggal.

Ingat, saat Anda membuka email ini, tidak boleh pernah mengklik apapun. Tapi salin dan tempel tiap tautan email pada jendela browser baru. Ini jadi teknik aman guna menguji keabsahan URL.

Atau Anda dapat coba trik lain. Diamkan cursor kita di atas tiap tautan pada email tersebut. URL bakal muncul, bila tidak cocok dengan tautan yang terketik, maka bisa jadi email itu ialah bentuk phishing dan hindari mengkliknya.

Gunakan keamanan antivirus untuk Handphone

Dengan bertambahnya malware pada perlengkapan mobile, pemakaian proteksi antivirus jadi suatu keharusan. Sebelum mulai berbelanja, lengkapi telepon pintar dan tablet kita dengan software ketenteraman mobile. Cari software yang dapat scan virus, menutup website, memberi proteksi, dan menawarkan update otomatis. Baca info kami tentang teknik mengamankan situs dari malware.

Jangan tak sempat update software browser Anda

Selalu pakai versi teranyar dari browser mobile utama laksana Chrome, Firefox, atau Opera.

Dengan memakai update browser terbaru, kita mendapat fitur ketenteraman yang mengayomi Anda dari malware.

Unduh software belanja dari developer terpercaya

Tentu melakukan pembelian barang online aman yang jadi tujuannya, namun prosesnya mesti nyaman dan juga irit waktu. Untungnya, tidak sedikit merchant ternama sudah menciptakan software yang memungkinkan konsumen mencocokkan harga, menyimak ulasan, dan memilih penawaran terbaik dengan hanya sejumlah kali slide.

  • Unduh software dari marketplace besar laksana Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan sebagainya.
  • Baca ulasan, rating, dan informasi dari developer untuk mengkonfirmasi autentikasi aplikasi.
  • Scan software yang baru didownload dan diinstal untuk mengayomi dari virus.

Hindari Wi-Fi publik

Cari indikator keamanan, seperti saat menggunakan laptop atau PC, temukan tanda secure sockets layer (SSL) atau transport layer security (TLS) pada website mobile yang kita kunjungi.

Indikator SSL dan TSL dapat terlihat laksana gembok kecil atau “http” pada jendela URL. Ini memberitahu Anda bila situs akan mengayomi transmisi data individu Anda.

Karena layar handset berukuran kecil, penanda ini tidak tidak jarang kali ditemukan. Jadi usahakan melulu kunjungi toko online yang telah Anda percaya, dengan mengetik URL-nya pada address bar. Baca juga tulisan kami lainnya mengenai menghindari penipuan online.

Metode Pembayaran Yang Aman Saat Berbelanja Online

Anda selalu memungut resiko ketika melakukan pembelian barang online. Ada bisa jadi penipu memungut informasi pembayaran dan mengerjakan pembelian atas nama Anda. Resiko ini tidak melulu ada pada saat melakukan pembelian barang online, dapat juga terjadi pada toko fisik.

Anda dapat mengantisipasi ancaman durjana ini dengan mengandalkan teknologi. Informasi Anda seringkali diubah ke bentuk yang susah dibaca. Tapi bahkan saat Anda sudah mengerjakan semuanya dengan benar, situs yang besar sekalipun mempunyai resiko kebocoran data.

Perangkat Anda mesti aman dan update, namun bagaimana dengan cara pembayaran yang Anda pakai ketika melakukan pembelian barang online?

Anda seringkali memiliki sejumlah pilihan guna membayar: memakai kartu kredit, kartu debit, layanan pembayaran laksana PayPal, atau opsi lain. Bergantung kepentingan Anda, opsi yang satu barangkali lebih baik dari yang lain. Mari anda lihat satu per satu cara pembayaran saat melakukan pembelian barang online.

Kartu kredit

Kartu kredit tidak jarang jadi opsi pembayaran saat melakukan pembelian barang online. Perlindungan dari penipuan dengan kertu kredit lumayan tinggi, dan mendapatkan duit Anda kembali metodenya cukup sederhana. Cukup laporkan kegiatan mencurigakan ke pihak yang menerbitkan kartu atau beritahu mereka bila Anda tidak pernah menerima apa yang kita bayar.

Baca juga :  Content material Is The Cornerstone Of Inbound Advertising

Tak ada duit yang terbit dari tabungan bank Anda, duit dari pihak bank yang digunakan. Tapi kartu kredit pun punya sisi negatif. Orang mengira kartu kredit sebagai alat guna memenuhi keperluan keseharian. Mungkin kita menggunakannya secara tertata untuk menunaikan pengeluaran individu dan bisnis. Atau kita membayar ongkos tertentu secara otomatis dan berulang kali dengan kartu kredit.

Bila nomor kartu dicuri, Anda bakal mendapat kartu dan nomor kartu baru. Anda butuh mengupdate informasi tagihan di tidak sedikit tempat, dan sedangkan waktu kita tidak dapat menggunakan kartu kredit saat menunggu penggantian.

Tips guna Anda, pakai kartu kredit melulu ketika kita yakin dengan keamanannya dan saat ada perlindungan pelanggan yang kuat. Anda dapat gunakan kartu kredit yang melulu Anda gunakan untuk melakukan pembelian barang online atau pada website yang kita tidak familiar.

Anda dapat lakukan pembayaran di Dewaweb via kartu kredit.

Layanan pembayaran

Layanan pembayaran dari pihak ketiga pun jadi opsi bagus untuk melakukan pembelian barang online. PayPal jadi cara pembayaran sangat populer. Layanan ini menyerahkan lapisan ketenteraman tambahan, selain menyerahkan nomor kartu kredit atau informasi tabungan bank ke tiap website lokasi Anda berbelanja.

Bila Anda melakukan pembelian barang pada tidak sedikit situs atau website yang kita tidak familiar, Anda dapat mengurangi resiko hacker mengejar informasi mengenai Anda. Layanan ini pun memberi perlindungan guna pembeli saat barang yang dipesan tidak hingga ke destinasi atau terjadi penipuan.

Kekurangan dari cara pembayaran ini, saat terjadi urusan yang tidak dinginkan, contohnya Anda bermasalah dengan pembeli, akun ini dapat dibekukan sedangkan waktu untuk penyelidikan perusahaan. Bila kita mangkir dari pembayaran, akun dapat ditutup dan kita didenda. Meski begitu, kita tidak tidak sedikit bergantung pada akun PayPal, ada tidak sedikit tempat melakukan pembelian barang online dengan cara pembayaran lain. Tapi kadang PayPal memang jadi teknik paling mudah.

Kartu debit

Kartu debit jadi kartu pembayaran yang unik dana langsung dari tabungan bank Anda. kita tidak perlu mengemukakan aplikasi, persetujuan, membayar ongkos tahunan, atau menerima resiko hutang laksana pada kartu kredit.

Kerugiannya, kartu debit langsung terhubung dengan tabungan bank Anda. Bila nomor kartu dipakai tanpa izin kita atau terjadi kesalahan, duit akan terbit dari tabungan Anda, dan kita tidak dapat membayar tagihan atau pengeluaran dengan kartu yang kosong. Memang terdapat perlindungan dari penipuan, tapi perlu sekitar 10 hari supaya bank dapat mengembalikan duit ke tabungan Anda.

Sebisa barangkali hindari pemakaian kartu debit saat melakukan pembelian barang online. Bila kita tidak dapat menggunakan kartu kredit atau layanan pembayaran, kartu prabayar dapat membantu mengisolasi tabungan Anda dari masalah.

Anda sah-sah saja melakukan pembelian barang secara online bila menggali tawaran sangat baik. Meski ongkos pengiriman telah disertakan, banyak sekali harga di toko online lebih rendah. Meski toko online tidak semuanya bersaing dalam harga, terdapat yang lebih mengkhususkan layanan pelanggan.

Tapi, bila Anda merasa lebih aman melakukan pembelian barang ke toko offline ketimbang online, mengapa tidak langsung mengunjungi toko opsi Anda? Sebelum membeli, pastikan kita membaca tidak sedikit informasi serta mengerjakan riset kecil mengenai perusahaan lokasi Anda akan melakukan pembelian produk dan transaksi Anda bakal berjalan lancar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.